Cara Mengatasi Hasil Print Putus-Putus Dengan Mudah

Cara Mengatasi Hasil Print Putus-Putus Dengan Mudah
Cara Mengatasi Hasil Print Putus-Putus Dengan Mudah

Pintertekno.com - Tugas sudah selesai nih, tinggal di print lalu bisa bersantai sejenak. Eh, ternyata setelah di print hasilnya malah putus-putus. Momen tersebut memang sudah biasa untuk kebanyakan orang. Apalagi bagi mereka yang keseharian nya harus mencetak berkas-berkas penting. Beberapa penyebab printer menghasilkan salinan putus-putus secara umum adalah karena printer jarang digunakan sehingga tinta menjadi kering, terdapat masalah pada cartridge, atau bisa juga karena printer terlalu sering dipakai untuk mencetak salinan dalam skala yang banyak.

Resiko yang paling besar adalah jika ternyata terdapat masalah pada cartridge, mau tidak mau anda harus merogoh kocek yang cukup besar untuk membeli cartridge baru. Namun jika kasus seperti ini terjadi tidak perlu khawatir dulu, selama permasalahan utama tidak terjadi pada cartridge nya kalian hanya perlu memperbaiki sedikit lalu printer akan menghasilkan salinan yang bagus.

Cara Mengatasi Hasil Print Putus-Putus Dengan Mudah


Namun sebelum mengetahui cara mengatasi hasil print putus-putus anda harus tahu lebih dulu permasalahan apa yang menjadikan printer bekerja secara tidak optimal, dengan begitu kalian akan tahu bagaimana solusi tepat untuk memperbaikinya. Yuk langsung intip saja cara mengatasi hasil print putus-putus berikut ini:

1. Mengisi kembali tinta pada cartridge


Terkadang karena terlalu sibuk dalam bekerja kita jadi suka lupa untuk cek kadar tinta di dalam cartridge, sehingga tidak sadar kalau ternyata tintanya sudah mau habis sehingga tidak bisa menghasilkan salinan yang bagus. Cara mengatasi hasil print putus-putus sangatlah mudah, kalian hanya perlu mengisi kembali tinta pada cartridge, bisa juga menggunakan suntikan atau langsung memindahkan dari botol tinta.

Namun, kebiasaan tersebut tidak boleh dibiarkan karena membiarkan printer tetap bekerja bahkan dalam kondisi tinta sudah mau habis akan membuat cartridge lama-kelamaan menjadi rusak loh kawan-kawan.

2. Lakukan Head Cleaning dan Nozzle Check


Bagaimana cara melakukannya? Tenang, hal tersebut mudah dilakukan. Cara mengatasi hasil print putus-putus berikutnya ialah dengan melakukan pembersihan otomatis yang terdapat pada printer itu sendiri. Menu pilihan Head Cleaning dan Nozzle Check ini dapat kita temui melalui menu Control Panel, lalu pilih sub menu View device and printers, lalu pilih jenis printer yang ingin dilakukan pembersihan, klik kanan pilih Printing Preference dan pilih sub menu Maintenance.

Nozzle Check digunakan untuk melihat hasil dari pembersihan yang sudah dijalankan, apabila masih sama silahkan ulangi proses Head Cleaning (pembersihan otomatis) sampai menghasilkan Nozzle Check yang bagus.

3. Terdapat kerusakan pada cartridge


Selanjutnya, cara mengatasi hasil print putus-putus berikutnya ialah berhubungan dengan cartridge. Apa itu Cartridge? Menurut Wikipedia.org dijelaskan bahwa Cartridge merupakan tempat penampungan tinta pada printer, unit ini terinstal langsung pada printer. Salah satu  penyebab cartridge menjadi bermasalah ialah printer yang jarang digunakan lalu mengakibatkan tinta menjadi kering atau menggumpal.

Untuk mencegah agar hal serupa tidak terjadi kembali, sangat dianjurkan untuk memakai printer yang minimal menghasilkan 1 lembar salinan per harinya, agar printer tetap dalam kondisi yang stabil. Nah, dalam kasus ini sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan pada cartridge oleh ahlinya. Karena perawatan cartridge tidaklah mudah, dikhawatirkan kerusakan menjadi semakin parah jika tidak ditangani dengan benar.

Akhir Kata


Itulah tips untuk cara mengatasi hasil print putus-putus. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu merawat serta menjaga printer kalian agar kerusakan yang sama tidak terulang kembali.

Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman sekalian dalam mencari sebuah Panduan Cara Mengatasi Hasil Print Putus-Putus Dengan Mudah dan Cepat, lebih dan kurang saya mohon maaf dan apabila kamu memiliki kendala terkait artikel diatas silahkan komen melalui form komentar dibawah artikel ini sekian dan terima kasih.