5 Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar Dengan Mudah

Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar Dengan Mudah
Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar Dengan Mudah

Pintertekno.com - Memiliki printer di era sekarang ini, akan sangat berguna untuk menyelesaikan berbagai tugas dan pekerjaan yang harus berbentuk cetak. Namun, pernahkah Anda mengalami permasalahan dan kendala dalam menggunakan printer, contohnya disaat Anda butuh, tinta printer tersebut tidak keluar.

Apakah harus segera dibawa ke tempat service? Atau sebenarnya bisa Anda perbaiki sendiri? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan simak 5 cara mengatasi tinta printer tidak keluar, dibawah ini!

Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar


1. Mengisi Ulang Tinta Printer


Bisa jadi tinta yang tidak keluar dari printer adalah sebuah tAnda bahwa tinta pada printer tersebut telah habis. Seperti yang kita ketahui bahwa tAnda dari sebuah tinta yang habis adalah hasil dari tulisan yang kita print hanya berupa garis, dan lama kelamaan warnanya akan hilang total.

Alangkah lebih baik jika menggunakan tinta infus Anda tidak menunggu sampai tintanya habis total baru Anda isi. Jika Anda menggunakan tinta inkjet maka isilah tinta tersebut secukupnya, dengan takaran yang pas. Jika tinta tersebut terlalu banyak maka akan tumpah dan dapat merusak printer, selain itu untuk menentukan jumlah tinta pada tinta inkjet dapat dilihat dari berat cartridge.

2. Melakukan Cleaning And Deep Cleaning


Fitur cleaning and deep cleaning berfungsi untuk membersihkan catridge dari sumbatan dan kotoran. Untuk menggunakan fitu ini, caranya ialah:
  1. Klik start, dilanjutkan dengan devices and printer
  2. Klik kanan pada printer yang bermasalah
  3. Klik printing preferences
  4. Di tab maintenance, klik opsi cleaning and deep cleaning
  5. Tunggulah sampai selesai, lakukan 2 – 3 kali

3. Membersihkan Sumbatan Di Head Catridge


Kotoran yang menyumbat catridge akan menghalangi tinta keluar dari printer, berikut cara membersihkan sumbatan di head cartridge:
  1. Rendam catridge dalam sebuah bak besar dan menggunakan air hangat, sesuaikan tempat untuk membersihkan catridge dengan printernya supaya mudah untuk dibersihkan.
  2. Gunakan tisu, lap, atau kain untuk membersihkan printer tersebut
  3. Lepaskan catridge dengan printer, kemudian rendam bagian head catridge saja, sampai airnya tercampur dengan warna tinta.
  4. Bersihkan head cartridge menggunakan tisu
  5. Keringkan head cartridge dan pasangkan kembali pada printer

4. Bebaskan Rongga Udara Di Selang Infus


Adanya rongga udara atau butiran udara biasanya dialami oleh printer berupa tinta infus. Hal tersebut dapat menyumbat tinta, sehingga keluarnya tersendat sendat atau bahkan tidak keluar sama sekali. Untuk mengatasi hal tersebut, dapat menggunakan cara berikut ini:
  1. Gunakan suntikan tanpa jarum, kemudian masukkan ujung suntik tersebut ke tempat tinta yang bermasalah, jepit selang tinta tersebut.
  2. Lepaskan dan keluarkan cartridge dan selang
  3. Tekan jarum suntik sampai semua rongga udara tidak ada, dan pasang catridge kembali.

5. Mengganti Catridge


Cara terakhir untuk mengatasi tinta printer yang tidak keluar ialah dengan mengganti catridge. Mungkin saja catridge Anda mengalami masalah atau kerusakan, sehingga perlu diganti cartridge yang baru.

Akhir Kata


Kesimpulannya, Anda harus mencari masalah utama mengapa tinta printer Anda tidak bisa keluar, sehingga Anda dapat mencari solusi sesuai permasalahannya. Semoga informasi mengenai cara mengatasi tinta printer tidak keluar bermanfaat.

Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman sekalian dalam mencari sebuah Panduan 5 Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar Dengan Mudah, lebih dan kurang saya mohon maaf dan apabila kamu memiliki kendala terkait artikel diatas silahkan komen melalui form komentar dibawah artikel ini sekian dan terima kasih.