Cara Mengisi Toner Printer Dengan Tepat Untuk Printer Laser Jet

Cara Mengisi Toner Printer Dengan Tepat Untuk Printer Laser Jet
Cara Mengisi Toner Printer Dengan Tepat Untuk Printer Laser Jet

Pintertekno.com - Cara mengisi ulang toner tinta untuk printer laserjet tidaklah mudah, karena menggunakan tinta berbentuk serbuk. Namun, tinta printer jenis ini cenderung lebih hemat dan tahan lama jika Anda bandingkan dengan tinta printer cair.

Kesulitan dalam proses pengisian ulang toner printer membuat sebagian orang lebih memilih untuk menggunakan layanan jasa. Karena jika melakukan kesalahan saat sedang mengisi toner, kemungkinan tinta tidak akan keluar atau yang lebih parahnya bisa merusak printer.

Oleh sebab itu, jasa layanan pengisian toner tidaklah murah. Namun, Anda bisa mulai belajar mengisi toner tinta printer sendiri untuk menghemat pengeluaran. Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Tips Mengisi Toner Printer Dengan Mudah


Sebelum masuk ke dalam pembahasan cara mengisi toner printer, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui seperti berikut ini:
  • Refill toner sangatlah berisiko tinggi untuk merusak printer laser jet, karena prosesnya bukan dari pabrik pembuat toner.
  • Tukang refill yang melakukan pengisian ulang tinta hanya seperempat dari kapasitas tabung tinta. Karena, untuk pengisian penuh hanya mampu dilakukan oleh produsen toner pabrik besar.
  • Kapasitas hasil cetak toner refill dengan hasil cetak toner original tidak jauh berbeda dari segi harga. Namun, jika Anda ingin lebih menghemat pengeluaran, sebaiknya memakai toner compatible. Harganya tidak jauh berbeda dengan toner refill, namun fitur dan kualitasnya setara dengan toner original.

Cara Mengisi Toner Printer


Silahkan simak cara mengisi toner printer dengan tepat untuk printer laser jet berikut ini:

1. Buka Script Drum


Cara pertama mengisi toner printer adalah dengan membuka drum film bukan melalui lubang yang Anda buat. Buka skrup yang berada di bagian samping kanan dan kiri. Jika drum film terasa sudah mulai longgar, cabut drum dengan perlahan. Jangan sampai cacat atau rusak.

Cabut drum menggunakan salah satu bagian cartridge yang longgar dengan hati-hati. Jangan sampai Anda mematahkannya.

2. Putar Gear Cartridge


Setelah berhasil melepaskan drum film pada cartridge, maka Anda akan melihat magnet roll berwarna hitam yang merupakan wadah toner. Berikutnya putar gear cartridge dengan arah yang benar. Jika Anda salah arah putar, maka toner akan keluar dari wadahnya. Ketika Anda melakukan kesalahan tersebut, segera putar gear menuju arah yang berlawanan.

3. Masukan Toner


Cara mengisi toner printer selanjutnya saat sudah berhasil memutar gear cartridge dengan benar adalah memasukkan toner. Masukkan toner sambil memutar gear cartridge sedikit demi sedikit. Pada tahap ini memang sedikit agak kotor dan repot. Tetapi, ini merupakan cara yang mampu memberikan hasil yang memuaskan.

Anda bisa menggunakan kertas sebagai sendok ketika sedang memasukkan toner ke dalam magnet roll. Umumnya jumlah maksimal toner untuk satu cartridge adalah 200 gram.

4. Lakukan Pembersihan


Setelah Anda selesai melakukan pengisian toner, jangan langsung memasang drumnya. Bersihkanlah terlebih dahulu karet atau blitznya, supaya tidak kesat. Karena, jika karet kesat dapat merusak drum film printer tersebut. Jika Anda sudah selesai membersihkan karetnya, pasanglah kembali drum film dengan hati-hati.

Akhir Kata


Nah, seperti itulah cara mengisi toner printer yang tepat untuk printer jenis laser jet. Semoga bisa membantu Anda untuk melakukan penghematan biaya ketika hendak mengisi ulang tinta printer. Karena di masa pandemi ini sangatlah penting untuk melakukan penghematan dengan kondisi ekonomi negara dan kesehatan yang cukup mengkhawatirkan.

Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman sekalian dalam mencari sebuah Cara Mengisi Toner Printer Dengan Tepat Untuk Printer Laser Jet, lebih dan kurang saya mohon maaf dan apabila kamu memiliki kendala terkait artikel diatas silahkan komen melalui form komentar dibawah artikel ini sekian dan terima kasih.